Kekuatan Impian Jack Ma Founder Alibaba.com

by - Monday, July 06, 2015



Jack Ma adalah seorang guru bahasa Inggris di China. Dia tidak tahu apa-apa tentang teknologi dan  internet , tapi berhasil membangun Toko Online terbesar di dunia Alibaba.com . Saat ini Alibaba.com lebih besar dari eBay dan Amazon ,bahkan omset kedua nya digabung masih kalah dari Alibaba.com.

Bisnis Online Alibaba.com mengantarkan Jack Ma menjadi orang terkaya di dunia urutan no 26. Dan no.1 di China dengan kekayaan $ 29 miliar dollar ( 377 trilyun rupiah).

Semua Kesuksesan Alibaba.com dimulai tahun 1999 ,ketika Jack Ma mengumpulkan 18 orang kenalan nya di sebuah ruangan rumah susun dan berpidato tentang Visi bisnis Alibaba selama 2 jam , hasilnya terkumpul uang sejumlah $ 60,000 dollar dari 18 orang kenalan nya.
Itulah modal awal Alibaba.com . Nah berikut adalah skrip pidato Visi dan Misi Jack Ma tahun 1999 yg terkenal itu. Semoga kita bisa belajar dan termotivasi. Pidato yang sederhana, sangat  jelas,dan sangat fokus.
PIDATO JACK MA TAHUN 1999:

“Hari ini, kita berkumpul di sini untuk membahas apa yg akan kita kerjakan, 5 sampai 10 tahun ke depan.

Akan menjadi apa, Alibaba di masa yg akan datang? Sejak kita memulai China Pages ( mirip yellowpages telepon ). Saya selalu menekankan saingan kita bukan website domestik, tapi portal website dari luar negeri.

~Saingan kita bukan ,di China tapi di Amerika tepatnya di Silicon Valley. Oleh karena itu kita harus memposisikan Alibaba.com sebagai website global, International. Bukan portal website lokal.

~Kedua, kita harus belajar semangat kerja keras seperti orang-orang di Silicon Valley. Jika kita kerja dari jam 8 pagi sampai 5 sore, Alibaba tidak akan menjelma menjadi perusahaan High- tech dan tidak akan sukses.  Jika ada di antara kalian yg hanya ingin kerja dari jam 8-5 sore, silahkan cari perusahaan lain.

Amerika sangat kuat di Hardware dan Sistem. Tapi di Informasi dan Software, otak kita orang Asia seimbang dengan mereka. Karena alasan ini , kita berani bersaing dengan Amerika.

    Jika kita menjadi Team work yang baik dan solid, tahu apa yang kita kerjakan. Satu orang dari kita bisa mengalahkan 10 orang dari mereka. Kita bisa mengalahkan perusahaan besar dan perusahaan Multi Nasional dengan Semangat Inovasi kita.
Tanpa semangat Inovasi , apa beda kita dengan mereka?

Semua orang tahu,sektor  Internet mengalami bubble ( gelembung jenuh  ekonomi yg menyebabkan harga turun dratis ) yg kian hari kian membesar. Kapan gelembung bubble itu akan meletus ?

Saat meletus harga saham Yahoo akan turun dratis. Dan harga saham eBay akan naik tajam. Dan mungkin saja terjadi saham eBay naik,  saham Alibaba ikut naik juga.
    Saudara-saudara jangan kuatir, Impian kita akan internet tidak akan pernah meletus, hilang  . Kita harus bersakit-sakit kerja keras membangun Alibaba dulu selama 3 sampai 5 tahun ke depan. Ini satu-satunya cara kita bisa berhasil sukses.

Dua syarat yang paling penting untuk  Sukses Besar adalah:
Pertama, berada di tempat yang tepat pada waktu yang tepat ;right place -right time .
Kedua, jika sudah berada ditempat yg tepat pada waktu tepat, kita harus action dan melakukan sesuatu.
Target kita, Alibaba akan IPO mencatatkan dan menjual saham di tahun 2002.




Hampir semua isi pidato, visi  Jack Ma akhirnya menjadi Kenyataan. Walaupun, tidak 100 persen seperti rencana. Misalnya mencatatkan saham di tahun 2002 baru terwujud tahun 2014. Tapi tahun 2002 , Alibaba.com mulai mencatatkan keuntungan pertama kali. 
  Pelajaran dari Jack Ma:
  1.   Visi yg jelas akan masa  depan dan tahu apa yg dikerjakan , Fokus pada Hasil bukan hambatan.
  2.   Team Work yg baik ,sangat penting untuk membangun bisnis.
  3.    T.E.A.M : TOGETHER EVERYONE ACHIEVES MORE
  4.   Semangat  ,antusiasme  yg  mengebu2 dan kerja keras .
  5.   Harus Percaya Diri , karena otak  orang-orang Negara Maju sama saja dengan kita.
  6.   Untuk Sukses, harus memiliki Semangat Inovasi .
  7.   Masalah dan Krisis selalu akan datang. Tapi Impian kita tidak akan hilang.
  8.   Untuk menjadi Kaya raya, jual lah Saham perusahaan Anda di Bursa Efek Saham. Dan miliki lah saham, karena semua orang kaya di dunia punya saham.      sumber : sahamgoodwin.com

You May Also Like

0 comments