Orientasi Orang dalam Berinovasi

by - Tuesday, April 17, 2012



Cukup menarik untuk mencermati konsep dari  Rowan Gibson atau yang sering dijuluki sebagai Mr.Innovation ini. Rowan Gibson mempunyai konsep yang beliau sebut sebagai the Rowan Gibson Innovation Profiler

Konsep tersebut merupakan alat untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas baik secara individu maupun sebagai organisasi dalam mencari  ide–ide baru dan mengeksekusinya. Dalam konsep tersebut dijelaskan bahwa ada delapan macam orientasi orang dalam melakukan sebuah inovasi baru atau perubahan,

Dari kedelapan jenis tersebut mungkin ada yang cocok dengan kepribadian anda, atau yang dimiliki oleh temen dalam satu team anda, Jika anda sudah memahami orientasi teman dalam tim anda, akan membantu sekali kinerja dari tim yang anda pimpim berikut ini adalah penjelasan lebih jelasnya mengenai orientasi seseorang dalam melakukan sebuah inovasi atau perubahan (kaizen) :


Pertama, Challangers atau penantang ; orang dengan orientasi seperti ini biasanya lebih bebas  untuk melakukakn inovasi bahkan bisa mendobrak segala aturan yang ada, jenis ini biasanya paling benci dengan yang namanya status quo atau anti kemapanan.

Dengan tipikal seperti ini jika tidak yakin bagaimana membuat segalanya akan baik, biasanya mereka akan berusaha dan lebih memilih dengan segala cara apapun supaya kondisi perusahaan atau organisasinya bertambah jadi baik dan inovatif, gaya seperti ini bisa kita sebut sebagai gaya Si Koboy. Saya melihat Pak Dahlan Iskan masuk di orientasi ini, bisa di coba baca di tulisan artikel saya sebelumnya tentang pak Boss tersebut.

Kedua, Practicalizers atau kepraktisan ; Pribadi dengan tipe seperti ini suka akan perubahan, tetapi perubahan yang gradual tidak radikal, Suka dengan ide-ide baru dan mencoba untuk cepet menerima perubahannya.
Hal penting yang menjadi kunci orientasi dari orang jenis ini adalah faktor kepraktisan atau simpel. Orang Jenis ini juga dipenuhi dengan ide-ide perubahan dan biasanya punya cukup kepercayaan dalam mewujudkan idenya.

Ketiga, Synthesizer atau sintesis ; orang dengan orientasi seperti ini memiliki kemampuan untuk membayangkan banyak kesempatan kreatif dengan meletakkan hal-hal yang sebelumnya tidak berhubungan sama sekali. Mereka memiliki kapasitas yang sangat baik untuk memanej  ide-ide masa depan yang saat ini mungkin belum begitu penting dan berhasil tetapi mereka mampu untuk membaca trend sekaligus menciptkan trend masa depan sendiri.
Orang dengan orientasi seperti ini juga dapat menginspirasi orang lain untuk merangkai  dan mengurai sebab akibta, Namun tipikal ini lebih berhati-hati dari Inovator.

Keempat, Inovator ; Seorang Inovator bisa dipastikan adalah orang dengan segudang ide , bisa dikatakan inovator  bisa saja selalu memiliki ide baru bahkan setiap menitpun, dan mereka selalu berpikir  bagaimana bisa mencari cara terbaik dan terbaru  untuk membuat sesuatu yang berbeda dan bener bener  bisa dieksekusi.
Inovator cenderung untuk menjaga sebuah organisasi kehilangan keseimbangan artinya sebuah organisasi yang tidak kaku dan status quo. Orang jenis ini butuh media / organisasi yang siap menampung ide ide gila sekalipun.  Namun biasanya  susah untuk bekerja dalam tim karena tidak mau terkungkung cenderung pengen bebas dan liar bersama ide idenya.  Kabar mereka adalah orang yang  mampu menciptakan terobosan nyata.

Kelima; Dreamers atau Pemimpi : Seorang Pemimpi adalah orang yang sangat kreatif, dan terus-menerus mencoba mencari cara-cara baru untuk melakukan sesuatu. Tapi meskipun mereka kuat pada ide-ide, mereka tidak begitu kuat pada hal eksekusi . Pemimpi dapat menjadi  sumber energi  kreatif bagi suatu organisasi, tetapi mereka harus bermitra dengan orang yang dapat mengeksekusi ide-ide mereka.

Keenam; Modifiers atau Pengubah : Seorang Pengubah bertujuan untuk menambah nilai (added value) dengan cara perubahan yang terus menerus (kaizen) dengan tujuan yang sangat jelas yaitu untuk memperbaiki keadaan. Ide-ide mereka sebagian besar adalah menambahin atau memperbaiki ide yang sudah ada. Mereka juga berhati-hati, dan mengambil risiko hanya bila manfaatnya lebih besar daripada situasi saat ini. Cocok bekerja sama saling melengkapi dengan si Koboy.

Ketujuh; Planners atau Perencana : Jenis orang dengan orientasi sebagai perencana, percaya bahwa ide memiliki manfaat jika cocok dalam "rencana". Mereka mudah beradaptasi dengan ide-ide kreatif dalam parameter yang dapat diukur, yang perlu diperhatikan jika bekerjasama dengan orang dengan orientasi seperti perencana adalah kuatkan data dan informasi penunjan, sebab mereka ingin banyak informasi dan data sebelum mengeksekusi dan mengambil resiko.

Kedelapan; Sustainers atau penyeimbang : pribadi dengan orientasi penyeimbang ini lebih memilih stabilitas dalam melakukan sebuah perubahan. Mereka menyiapkan  sebuah platform organisasi dengan dasar yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sesuatu secara konsisten bisa dimonitor ketat, dan mereka cenderung untuk menjaga image organisasi. Kabar  jelek dari tipe ini adalah mereka sering merasa bahwa perubahan yang dilakukan hanya untuk kepentingan diri sendiri dan susah untuk diajak melakukan perubahan radikal.

Jadi tipe orientasi apa yang sesuai dengan pribadi anda ? bagaimana orientasi dan tren dari anggota tim anda ?

Menurut saya untuk mendapatkan ide-ide yang revolusioner dan berdaya tahan panjang, kita  tidak bisa hanya menghandalkan satu jenis orientasi saja dalam satu tim anda. Tetapi diperlukan campuran dari berbagai jenis tipe diatas. Dengan bauran keragaman tipe tersebut akan menghasilkan ide dan perubahan yang dahsyat.

Oleh sebab itu sekarang mari kita buang jauh jauh pikiran bahwa anggota tim kita harus sama orientasi dengan kita atau para pemimpin, justru jika bisa mengelola dan mengarahkan keragamanan itulah organisasi kita akan cepet maju dan menjadi trendsetter.

Bagaimana dengan ide dan pendapat anda ?
Semoga bermanfaat,

Jiaxing, April 2012
 Salam,

Aan Hunaifi

You May Also Like

0 comments