CEO Sari Roti Masuk 50 Pebisnis Wanita Asia

Majalah Ekonomi terkemuka, Forbes, mengeluarkan daftar 50 pebisnis wanita Asia paling berpengaruh. Dari ke-50 wanita itu, 4 di antaranya srikandi dari tanah air.

Salah satu pebisnis wanita yang masuk dalam daftar Forbes tersebut adalah Wendy Yap yang merupakan Presiden Direktur dan CEO dari PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI).

Mungkin untuk sebagian orang, nama Nippon Indosari Corpindo masih terasa asing. Tapi jika disebutkan nama produk Sari Roti, semua orang akan mengetahuinya.

Sosok dibelakang kesuksesan perusahaan roti ini adalah Wendy Yap. Wanita berusia 55 tahun ini merupakan putri dari Piet Yap yang merupakan seorang eksekutif dari kelompok bisnis Salim Group. Dia bersama rekannya mendirikan Nippon Indosari pada 1995 dan memimpin manajemen perusahaan mulai 1998.

Wendy seperti dikutip VIVAnews dari laman Forbes.com, Kamis, 1 Maret 2012, kini memimpin perusahaan yang memperoleh pendapatan tahun 2011 sebesar US$84 juta. Saat ini, harga saham Nippon Indosari telah melonjak hingga 140 persen sejak listing pertama kali tahun 2010 lalu.

Tak hanya itu, Wendy juga dianggap sukses menghantarkan bisnisnya menjadi salah satu perusahaan dengan pendapatan di bawah satu dolar AS di Asia (Asia's Best Under A Billion) versi majalah yang sama.

Dikutip dari laman perusahaan, PT Nippon Indosari Corpindo, Tbk (PT NIC) berdiri pada tahun 1996, dan memulai kegiatan pemasarannya di bulan September 1996. Pada awalnya, PT NIC hanya memiliki pabrik di Kawasan Industri Jababeka-Cikarang, Jawa Barat dengan kapasitas produksi sebanyak dua line.

Seiring makin bertambahnya permintaan konsumen, perusahaan memutuskan menambah kapasitas produksinya menjadi 4 line pada tahun 2002. Areal pemasaran perusahaan dengan merek Sari Roti saat itu meliputi Jabodetabek, Bandung (Jawa Barat), dan Lampung.

Hingga saat ini, PT NIC telah mengembangkan sayap bisnisnya dengan masuk ke berbagai pasar di tanah air. Terakhir, pada April 2011, NIC membangun pabrik di Medan, Sumatera Utara dengan kapasitas produksi sebanyak 2 line.

Saat ini, Direktur Operasional Nippon Indosari Corpindo, Yusuf Hady dalam perbincangan dengan VIVAnews beberapa waktu lalu mengungkapkan Nippon Indosari telah memproduksi 1,8 juta pieces per hari yang dijual di 25 ribu titik distribusi. Penjualan ini juga melibatkan 2.500 pedagang keliling

0 comments: