10 Rahasia JACK WELCH, CEO Paling Fenomenal Di Zaman Kita

by - Monday, February 27, 2012


"Lupakan perubahan perlahan-lahan dan melompatlah !" nasehat Jack Welch.

Tidak ada upaya setengah-setengah !

Jack Welch adalah salah satu CEO paling sukses sekaligus paling kontroversial di dunia. Ketika memimpin General Elektric, usianya baru 45 tahun. Secara revolusioner, Jack Welch mengangkat GE dari  keterpurukan , membuatnya bangkit dan kembali besar. Langkah -langkah serta strategi dramatis dan revolusionernya membuat ia dijuluki sebagai 'Bos paling keras' di Amerika oleh majalah fortune. Program-program perubahannya yang luar biasa telah menjadi benchmark bagi bisnis modern abad 21.

 
Dan inilah 10 gaya menejerial Jack Welch yang membuatnya meraih sukses :

1. Berinvestasi pada Manusia
Sumber Daya Manusia (SDM ) adalah kekuatan. Jack Welch menghabiskan banyak waktu untuk berbicara dan bertatap muka dengan para karyawan. Ia berbicara, menasihati , membujuk dan mendidik , mengembangkan SDM. Kerap diduga ia mengenal langsung sekitar 1000 karyawan dan mengetahui tanggung jawab mereka di perusahaan. Ia melakukan itu karena ia adalah seorang yang optimis tentang potensi manusia. "Ide yang mengalir dari semangat manusia tidak terbatas. Yang harus Anda lakukan adalah memanfaatkan sumber itu dengan baik. Saya tidak suka menggunakan kata efisiensi. Kata yang tepat adalah kreativitas.  Saya percaya bahwa semua orang penting," katanya.

Jack Welch terus mengungkapkan komitmennya untuk mengembangkan mereka. Sejak awal dia berjanji,"Saya menginginkan revolusi dan saya ingin revolusi itu dimulai dari Crotonville."
Crotonville adalah Institut pengembangan Menejemen yang legendaris milik General Electric. Berdiri tahun 1956.Jack Welch adalah seorang pengunjung dan pengajar tetap di lembaga ini.

2. Dominasi pasar Anda.... atau Enyah !
Pilihan sederhana yang sering diulang-ulang oleh Jack Welch. Ia tak ambil pusing dengan perusahaan yang berada di posisi empat atau lima. Ia ingin jadi yang pertama atau kedua. Merebut dan memimpin pasar. Kalau Anda tak bisa berada di depan, jual bisnis itu dan cari peruntungan di tempat lain

3. Tak pernah tinggal diam.
Jack Welch adalah sosok yang tak kenal lelah. Meski pernah menjalani operasi jantung, ia tak pernah berhenti bekerja. Ia memasuki General Electric {GE} dengan energi tak kenal lelah. Jack Welch tak mau tinggal diam dan bersandar pada kejayaan yang telah dimiliki perusahaan. Di bawah pimpinannya GE terus berubah.

4. Pikirkan layanan.

Sebelum era Jack Welch , GE adalah perusahaan manufaktur, kampiun gaya lama. Welch membawa konsep
layanan ke dalam perusahaan. Sekarang GE adalah perusahaan jasa yang juga melakukan kegiatan manufaktur Perusahaan keuangan, perusahaan informasi sekaligus perusahaan pembuat perkakas rumah tangga. Kualitas dan layanan melingkupi semua aktivitasnya.

5. Lupakan masa lalu, cintai masa depan.

Untuk satu perusahaan yang punya sejarah luar biasa, GE di bawah kepemimpinan Jack Welch menyibukkan dirinya dengan masa depan. Perusahaan ini merangkul hal-hal baru baik dalam bidang teknologi informasiataupun internet. Jack Welch memimpikan masa depan . Ia memuja masa depan dan GE menciptakan masa depan.

6. Belajar dan memimpin
Pemimpin model baru bukan seorang diktator korporat. Si pemimpin punya komitmen untuk belajar, menentukan dan bergerak maju. Keputusan yang salah jadi kesempatan bagi mereka. Belajar dari kesalahan lebih penting dari menikmati kesuksesan.

7. Tanpa basa basi
Jack Welch berkomunikasi dan bersikap apa adanya. Baik ketika berbicara dengan pekerja di pabrik GE, para manager di satu program pelatihan, atau para analisis indrustri. Ia berbicara dengan blak-blakan dan sepenuh hati. Ia berbicara apa adanya.

8. Hilangkan birokrasi

Direpotkan dengan birokrasi dan hierarki yang membuang waktu, Jack Welch hampir meninggalkan GE setelah satu tahun bekerja di sana. Ia berhasil dibujuk, tetapi kejengkelannya tetap bersemayam. Setelah mencapai puncak, Welch membuang aturan-aturan birokratis seperti orang membalas dendam

9.Tidak kemana-mana
Seharusnya tidak ada lagi yang namanya manusia korporat. Tetapi Jack Welch tetap bisa bekerja dengan baik walau hanya pada perusahaan. Bagaimana mungkin ia bisa belajar dan berkembang di satu organisasi saja?

10. Mengurus toko kelontong
Jack Welch mengatur GE seakan-akan perusahaan itu sebuah toko kelontong. Hal-hal standar tetap berlaku. Kualitas dan pelayanan. Arus uang. Mengetahui apa yang laku, bagian bisnis mana yang berjalan baik. SDM. Fakta bahwa anda menjual pembangkit tenaga nuklir dan bukan permen tidak teramat penting.

Jack Welch adalah pribadi unik dan kesuksesannya pun unik. Namun ada beberapa aturan yang bisa diterapkan secara universal yang dipetik dari kisah karirnya :
- Jadikan gambaran pekerjaan Anda mudah dimengerti...dan kemudian katakan pada semua orang
- Revolusi, jangan perubahan bertahap
- Terus berubah
- Berpikir positif
- Kelilingi diri diri Anda dengan kualitas
- Selalu belajar
- Keep it simple stupid. Apapun yang Anda lakukan sederhanakan, komunikasikan sederhana. Ukuran sederhana, sistem sederhana
-Jaga orang-orang Anda
-Rencanakan Suksesi
- Buat kesalahan. Semua orang berbuat salah. Anda bisa mengakui atau terus tidak peduli. Ketidakpedulian adalah jalan menuju kehancuran.

"Kalau Anda tak punya ide lain, sebaiknya Anda berhenti kerja saja ," kata Jack Welch

You May Also Like

0 comments