ASEC, Lomba Sains Peduli Kaum Difabel,

by - Saturday, July 09, 2011




ASEC 2011 Usung Tema Peduli Orang Cacat

Tangerang, Psikologi Zone – Lomba sains “ASIAN Science Enterprise Challenge” (ASEC) 2011 yang diselengarakan di Karawaci, Tangerang, selesai dilakukan. Acara ini diikuti oleh 116 Murid SMA/SMK dan Sekolah Berkebutuhan Khusus (SLB) di berbagai kota di Indonesia.


ASEC telah menjaring remaja usia 16-19 tahun dan menggandeng mereka sebagai ilmuwan untuk lebih dekat dengan dunia industri (technopreneurship).

Dalam acara ini, satu perserta bergabung dalam sebuah kelompok dimana di dalamnya tidak mempunyai kesamaan asal sekolah. Tujuan dari pengelompokkan ini, agar para peserta dapat bersosialisasi dengan anggota kelompok yang benar-benar baru.

Tantangan yang diberikan oleh , Prof. Chris Rogers, Director Centre for Engineering Education & Outreach TUFTS University, Amerika Serikat, yaitu membuat sebuah produk yang dapat membantu kaum difabel atau lanjut usia lebih mudah bermobilisasi.

Setelah itu, mereka diharuskan untuk melakukan presentasi produk dalam bentuk bahasa inggris kepada para juri selama 3 menit saja. Para juri terdiri dari , Ph.D dari Magister Manajemen CSR Universitas Trisakti, Prof. Yohanes Surya, PhD. dari Surya Institute, Janto Sulungbudi S.Si. dari Fisika –Universitas Parahyangan, Maria R. Nindita Radyati, dan A’an Hunaifi, S.si dari PT Kandel, dan Prof. Dr Evvy Kartini dari Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN).

Masing-masing kelompok diharuskan mengeluarkan dana tidak lebih dari Rp 300.000,- untuk membuat prototype produk. Pemenang dalam kontes ini adalah kelompok Helping Hands Corporation dengan produk Happy Feet Creates Happiness.
Kriteria pemenang terdiri dari visi, semangat peserta, inovatif dan kreatif, nilai masyarakat, dan kebermanfaatan produk bagi kelompok minoritas.
Kempok Helping Hands Corporation yang terdiri dari Zul Fadhli dari SMA CTF Medan, Luthfi Mu’awan dari SMAN 1 Purwareja Klampok, Esti Marina dari SMA Taruna Nusantara, Nadhira Riezkya dari SMA Madania, Noor Yulian dari SMAN 2 Kudus, dan Hanna Tirsa Fonabata dari SMAN 3 Jayapura, akan mengikuti ke tahap selanjutnya di Global Enterprise Challenge (GEC) 2011.

Keenam anak tersebut akan berlomba dengan pemenang ASEC dari Negara Korea Selatan, Jepang, Singapura, dan China pada tanggal 18 hingga 19 Juni, bertempat di Singapura. [okz]

source :  http://www.psikologizone.com/asec-lomba-sains-peduli-kaum-difabel/065111643
link others :
http://kampus.okezone.com/read/2011/05/30/65/462466/asec-2011-usung-tema-peduli-orang-cacat
 http://www.madania.net/news.php?grup=news&menu=view&id=440 : english

You May Also Like

0 comments