Apa Kata CEO Terbaik

by - Friday, May 07, 2010

Baru saja Swa, sebuah majalah bisnis, melansir hasil survey bertajuk The Best Chief Executive Officer (CEO) 2008 yang dilakukan bersama dua lembaga riset bisnis -Dunamis dan Synovate. Survei itu menempatkan Agus D.W Martowardoyo, CEO & Presdir PT. Bank Mandiri, Tbk pada urutan teratas dalam daftar Top 10 Best CEO 2008 di Indonesia.

“Seorang pemimpin harus pandai mendengar,” kata Agus D.W Martowardoyo dalam wawancara SWA.

CEO Bank Mandiri yang disukai Wapres Jusuf Kalla untuk menempati pos Gubernur Bank Indonesia tersebut melesak ke urutan ke-1 CEO versi SWA, lalu diikuti: (2) Franky Oesman Widjaja (Sinarmas Agribusiness and Food), (3) Tony Chen (Microsoft Indonesia), (4) Arif Soeleman Siregar (Inco Indonesia), (5) Kris Taenar Wiluan (Citra Tubindo, pemasok peralatan industri perminyakan), (6) Anthony Akili (Smailing Tour & Travel), (7) Harry Sasongko (GE Finance), (8) A.Sutjipto (Wijaya Karya), (9) Mohammad Nadjikh (Kelola Mina Laut), (10) Haidar Baqir (Mizan Publika).

Ke-10 CEO tersebut dipilih dari 29 CEO yang diseleksi berdasarkan performance keuangan perusahaannya. Mereka ditelesik berdasarkan fungsi Perintis, Penyelaras, Pemberdaya, dan Panutan -konsep Stephen Covey tentang The Roles of Leadership.

Tentang nilai-nilai kepemimpinan, para CEO itu mengatakan,

“Kepemimpinan adalah bagaimana menjadi sumber inspirasi dan mendorong karyawan untuk melakukan yang terbaik, mengambil keputusan terbaik dengan disiplin, semangat, dan cinta.” Franky Oesman Widjaja, CEO Sinarmas Agribusiness and Food.

“Berusaha memaksimalkan kehidupan setiap hari, sebagai wujud syukur dan tanggung jawab kepada Tuhan, keluarga, dan perusahaan.” Tony Chen, CEO Microsoft Indonesia.

“Kepemimpinan adalah Trust and Encourage your team.” Arif Soeleman, Siregar, Inco Indonesia.

“Kepemimpinan adalah memberikan contoh yang baik.” Kris Taenar Wiluan , CEO & owner Citra Tubindo.

“A leader is to lead and inspire by actions or example whether inteonally or not. If my action inspire my team to dream more, learn more, do more and become more, then I am a succesfull leader.” Anthony Akili, CEO & owner Smailing Tour & Travel.

“Kepemimpinan bagaikan lari maraton dalam siklus visi, perencanaan, eksekusi, dengan mengajak semua karyawan berpartisipasi.” Harry Sasongko, CEO GE Finance.

“Kepemimpinan adalah inspirator yang dapat mengajak, memotivasi, dan mendorong bawahannya untuk berusaha keras mencapai cita-cita perusahaan.” A.Sutjipto, CEO Wijaya Karya.

“Seorang pemimpin yang sukses bukanlah orang yang dicintai atau dikagumi, melainkan orang yang menggugah anak buahnya untuk melakukan hal-hal yang besar.” Mohammad Nadjikh, CEO & owner Kelola Mina Laut.

“Kepemimpinan adalah kepemilikan visi yang diwujudkan di dunia nyata melalui kecintaan, kesabaran, dan ketrampilan, serta keteladanan dan kemampuan menggerakkan orang untuk berusaha dengan sepenuh hati dalam mencapainya.” Haidar Baqir, CEO & owner Mizan Publika.

You May Also Like

1 comments